loading...

Wednesday 22 November 2017

Percakapan Jibril. AS dengan Rasulullah SAW Sebelum Wafat

WAHAI Jibril, apakah kau turun lagi ke dunia sepeninggalku? tanya Rasulullah di saat Jibril menengok beliau sebelum wafat.

Jibril a.s. menjawab : “Ya, wahai rasul, aku akan turun kedunia sepuluh kali untuk mengangkat sepuluh mutiara dari bumi”.

Rasul bertanya lagi : “Apa yang kau angkat dari bumi ?”.

Jibrilpun menerangkan :

Pertama, aku mengangkat “berkat” dari bumi.

Kedua, aku mengangkat “rasa cinta” dari hati manusia

Ketiga, aku mengangkat “rasa kasih sayang” dari hati manusia terhadap keluarga dekatnya.

Keempat, aku mengangkat “keadilan” dari para penguasa / umara.

Kelima, aku mengangkat “rasa malu” dari para wanita.

Keenam, aku mengangkat “kesabaran” dari para fakir- miskin.

Ketujuh, aku mengangkat “wara’”dan “zuhud” dari para ulama.
Kedelapan, aku mengangkat “kedermawanan” dari orang-orang kaya.

Kesembilan, aku mengangkat “al Qur’an”.
Kesepuluh, aku mengangkat “Iman”.

Demikian riwayat yang disebut Asy-Syekh Mukmin bin Hassan Mukmin Asy-Syabalanji dalam kitabnya yang berjudul “Nurul-Abshar”, hal 58.

Mari kita renungkan akan zaman dan masa dimana kita berada sekarang ini; sudah berapa kali kira-kira Jibril a.s. turun ke dunia sepeninggal Nabi Muhammad saw, dan sudah sampai nomor berapa kira-kira mutiara bumi yang diangkat oleh Jibril a.s.

No comments:

Post a Comment